Kamis, 16 November 2017

3 Kekuatan Ekonomi Indonesia 2018




Ekonomi negara indonesia bergerak melamban. Pertumbuhan ekonomi masih di angka 5%. Memang tidak terlalu jelek juga tidak terlalu bagus. Sebagai negara berkembang, Indonesia selalu akan menjadi sorotan perihal perkembangan ekonomi.

Mendekati tahun 2018. Pelaku usaha akan melihat bagaimana perkembangan ekonomi secara makro atau  mikro. Gejala apapun diakhir tahun 2017 akan memberi pengaruh terhadap perkembangan ekonomi tahun 2018.

Secara garis besar ekonomi indonesia tahun 2017 mengalami sedikit goncangan. Melihat beberapa mall tutup dan daya beli masyarakat melemah. 

Goncangan politik juga sedikit mempengaruhi keadaan ekonomi. Banyaknya pilkada atau pilgub cukup signifikan memberi pengaruh terhadap skala mikro ekonomi. Padahal tahun 2018 akan ada beberapa pilkada dan pilgub di beberapa daerah. Dan juga merupakan tahun persiapan untuk pileg dan pilpres tahun 2019.

Melihat hal itu, berbekal prediksi pak Yuswohady. Kekuatan ekonomi indonesia akan dipengaruhi oleh 3 hal. Pertama, leisure economy. Kedua, digital economy. Ketiga, muslim economy. Itulah yang perlu kita pahami dan kita cek apakah akan terjadi perubahan atau tetap sama dengan tahun 2017.

Apa saja maksud dari ketiganya. Sejati nya ekonomi akan selalu bergantung dari pelaku ekonomi sendiri. Apapun yang mempengaruhi akan berimbas pada perkembangan ekonomi itu sendiri.

Leisure Economy

Paham ini adalah segala hal kegiatan ekonomi yang lebih menitik beratkan pada experience konsumen. Pengalaman yang menjadi nilai dalam ekonomi ini. Bisnis itu lebih kepada nilai lebih dari bisnis tersebut. Biasanya kepada pariwisata, kuliner dan hal-hal yang memberi nuansa pengalaman bagi konsumen. Ciri nya adalah konsumen akan diminta biaya yang lebih tapi tak ada rasa dalam mengeluarkan uang. Konsumen selalu senang kepada pengalaman tanpa melihat nilai uang yang keluar.

Pengaruh medsos khususnya instagram yang turut andil besar dalam bisnis ini. Orang sekarang kalau untuk pamer sesuatu pasti lebih suka pamer ketika liburan. Foto liburan ini sekarang menjadi nilai dalam strata kedudukan. Jadi mau mahal apapun konsumen pasti rela keluar uang karena mereka mendapat experience.

Digital Economy

Bisnis ini sudah merambah ke semua bidang. Coba kita perhatikan produk mulai merambah ke semua lini. Gojek dan traveloka cukup memberi dampak signifikan bagi perekonomian negeri ini. Fintceh juga merupakan bagian dari digital economy. Ciri digital economy biasa nya dengan harga murah akan dapat banyak. Kemudahan akses juga merupakan ciri dari jenis bisnis ini. Aset mereka juga efisien.

Toko online juga bagian dari bisnis ini. Lihat maraknya toko online yang mendapat support maksimal dari penanam modal. Persaingan harga dan kemudahan dalam akses menjadi bagian terpenting dari jenis ini.

Muslim Economy

Geliat ekonomi muslim mulai kentara. Banyak perkumpulan para sudagar muslim yang hadir dalam beberapa event. Omset para saudagar muslim juga mulai meningkat. Ada beberapa wadah para saudagar muslim. Mereka saling menguatkan dalam komunitas bisnisnya. 

Komunitas berguna dalam meningkatkan kemampuan setiap pelaku usaha atau bisnis. Pendampingan dan penguatan adalah bukti komitemen para saudagar muslim dalam menapaki jalan ekonomi ini.

Cirinya mereka semakin pintar, semakin kaya dan semakin religius. Unsur religius ini yang membimbing dan menjadi pedoman dalam usaha.

Jadi tiga hal ini cukup signifikan dalam perkembangan ekonomi 2018. Semoga bermanfaat. Selamat berjuang.  
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar