Jumat, 25 Agustus 2017

Konsisten itu Mahal


Kata konsisten merupakan serapan dari bahasa inggris. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) konsisten artinya 1 tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; 2 selaras; sesuai: perbuatan hendaknya -- dengan ucapan. Memang hal tersebut sangat mahal harganya.

Orang yang konsisten akan memberi dampak dalam setiap aktivitasnya. Mereka selalu hadir dalam prinsip yang dipegang. Enggan keluar dari patron yang bukan prinsipnya. Konsisten terbentuk dalam proses yang panjang. Perbuatan dan ucapan selalu jadi acuan orang orang menilai mereka. Nilai akan selalu hadir kebaikan ketika konsisten dalam memegangnya.

Anak-anak kecil bisa memberi pelajaran dalam bersikap konsisten. Mereka lahir ke dunia dengan proses yang cukup panjang. Mulai dari pembentukan fisik maupun pembentukan non fisik. Coba perhatikan fitrah anak-anak adalah fitrah kebaikan. Mereka adalah pejuang tangguh yang ingin memberi anugrah terbaik untuk orang tuanya.

Nilai-nilai kebaikan harus selalu kita pegang. Bentuk konsisten adalah upaya dalam memegang nilai itu. Ketika kebaikan dipegang dengan konsisten maka akan lahir sebuah keteraturan dalam kehidupan. Harmoni yang lahir dari semua orang akan memberi dampak yang baik bagi masyarakat.
Konsisten dalam kebaikan itu sangat sulit. Akan ada selalu ujian dalam menjalaninya. Itu bukti nyata ketika orang sanggup menjalani dengan baik. Maka akan terlihat seberapa jauh atau seberapa baik kualitas dalam proses menjadi konsisten.

Memang seh konsisten itu mahal. Hal kecil akan menjadi duri kalau tak mampu memperbaiki. Jangan biarkan konsisten hilang ketika orangnya gagal dalam seleksi ujian konsisten ini.    

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar